RAJA BUNGA-BUNGA alias RAJA PARMAHAN

Makam Raja bunga-bungan (Raja Parmahan)(Di Balige dan Keturunannya)

Raja Sibagot Nipohan telah beranak-cucu di Balige, demikian juga adiknya Sipaittua di Laguboti , Silahi Sabungan di Silalahi Nabolak dan Siraja Oloan di Bakkara.

Pada suatu ketika terjadi musim kemarau yang berkepanjangan di Balige, sehingga tanam-tanaman dan padang rumput mati kekeringan, ternak gembala menjadi kurus kering kekurangan makanan. Raja Sibagot Nipohan pun mulai gelisah memikirkan keadaan yang menimpa negerinya. Lalu Sibagot Nipohan memanggil anaknya : Tuan Sihubil, Tuan Somanimbil, Tuan Dibangarna dan Tuan Sonakmalela untuk membicarakan kemarau yang berkepanjangan itu. Mereka sepakat : menanyakan kejadian ini kepada orang pintar “ Datu bolon Sibaso panaturi. “Menurut petunjuk orang pintar ,terjadinya malapetaka yang menimpa Balige adalah Sapata (kutukan) dan berkata :

” Na tangis tarlungun do tondi ni anggim na tolu I , manang pinomparna jala ingkon hatahononmu hasalaanmu.” ( bahwa kemarau panjang terjadi adalah karena kutuka akibat kesediha dari ketiga adik-adik Sibagot Nipohan yang telah diusirnya dari Balige, yaitu Sipaettua, Silahi Sabungan dan Siraja Oloan atau keturunan mereka. Dan kamu ( Sibagot Nipohan ) harus kaumengakui kesalahanmu).

Mendengar keterangan dukun itu, Raja Sibagot Nipohan menjelaskan peristiwa kepergian adik-adiknya dari Balige kepada anak, menantu dan cucunya. Mendengar peristiwa yang mengharukan itu, kemudian anak-anak Raja Sibagot Nipohan (Tuan Sihubil, Tuan Somanimbil, Tuan Dibangarna dan Tuan Sonakmalela ) bermusyawarah dan bertekad akan melaksanakan petunjuk Datu Bolon Sibaso Panuturi. Itu untuk membawa keturunan Sipait Tua, Silahi Sabungan dan Raja Oloan.Awalnya mereka pergi menjumpai Sipaittua di Laguboti dan menyatakan maksud mereka. Raja Sipaittua menyarankan agar mereka juga memberitahukan kepada adiknya, Silahi sabungan di Silalahi Nabolak dan Siraja Oloan di Bakkara. Begitu juga jawaban Siraja Oloan sewaktu mereka menyampaikan niatnya itu Bakkara.

Karena jawaban Raja Sipaettua dan Siraja Oloan sama, maka mereka berangkat ke Silalahi Nabolak menjumpai Silahi Sabungan. Karma jauhnya dan besarnya gelombang di tao Silalahi mereka naik perahu besar (marsolu bolon). Rombongan langsung dipimpin anak sulung Raja Sibagot Nipohan, Tuan Sihubil. Setelah tiba di Silalahi Nabolak, mereka menjumpai Silahisabungan. Tuan Sihubil menyampaikan maksud dan tujan mereka ke Silalahi Nabolak.

Tetapi Silahi Sabungan menanggapi bahwa ia tidak bisa mengabulkan permintaan Sibagot Nipohan dan Tuan Sihubil.Dengan rasa kecewa dan putus asa Tuan Sihubil dan rombongannya berpamitan pulang dan memberi salam kepada Silahi Sabungan beserta anak – anaknya. Terakhir mereka pamit kepada Deang Namora yang tinggal menyendiri di batu Parnamoraan ( di tepian danau Silalahi ). Tuan Sihubil menceritakan semua maksud dan tujuan mereka serta jawaban mereka terima dari Silahi Sabungan. Mendengar kata – kata tuan Sihubil yang memilukan itu, Deang Namora menjari iba. Deang Namora lalu memberitahu kalau disekitar padang ( Simartaja ) beberapa cucu Silahi Sabungan sedang menggembala kerbau. Ia menyarankan Tuan Sihubil boleh membawanya salah seorang, dengan syarat jika kelak hujan telah turun di Balige maka si cucu tersebut segera di kembalikan ke Silalahi Nabolak.Kesempatan itu tidak disia-siakan Tuan Sihubil. Ia berhasil menagkap tiga orang cucu Raja Silahisabungan, yaitu:

1. Toguraja (anak Loharaja),
2. Siraja Bunga-bunga (anak Sondiraja) dan
3. Lonsingraja (anak Batu Raja).

Setelah itu, Tuan Sihubil berlayar menepi-nepi pantai menuju Pangururan agar jangan dilihat Raja Silahisabungan. Ketika tuan sihubil dan rombongannya melewati “ Tano ponggol “, Toguraja dan Lossingraja melompat dari perahu dan melarikan diri. Hanya Siraja bunga-bunga yang berhasil mereka bawa ke Balige. Begitu sampai mereka di Balige, embun pun mendung kemudian turun hujan lebat. Semua penduduk negeri merasa gembira. Tersiarlah kabar bahwa cucu Silahi Sabungan telah dibawa dari Silalahi Nabolak. Raja Sibagot Nipohan mengadakan pesta besar dengan mengundang adiknya, Sipaitua dari Laguboti dan Siraja Oloan dari Bakkara. Pada pesta itu kemudian dinobatkan Siraja bunga-bunga sebagai anak Tuan Sihubil. Karena ia diculik dari parmahanan (tempat penggembalaan). maka ia diberikan gelar Siraja Parmahan. Siraja Parmahan kemudian menikah dengan Boru Pasaribu dari Haunatas Balige , lahirlah anaknya 4 orang dan diberi nama :

1.Sihaloho
2.Sinagiro
3.Sinabang
4.Sinabutar

Kemudian semua keturunan Raja Parmahan memakai marga Silalahi, mengingat asal usulnya dari Silalahi Nabolak. Nama-nama anak Siraja Permahan di Balige dibuat sesuai dengan nama Bapatua dan Bapauda si Raja Permahan di Silalahi Nabolak. Tentu dengan maksud agar keturunan dikemudian hari mengetahui bahwa asal usulnya mereka adalah dari Silalahi Nabolak. Sihaloho : menikah dengan Boru Pasaribu, dengan anak tiga orang yaitu :

  1. Raja Harbangan
  2. Guru.
  3. Patar Uluan

Raja Harbangan (bermukim di Barus);  Guru Mangaloksa (bermukim di Silindung kemudian pindah ke Bona Pasogit, Bagashuta Silalahi Dolok lokasi Tugu dan Makam); Patar Uluan (bermukim di Sihubak-Hubak – Uluan – Porsea)

Sinagiro : anak kedua dari Siraja Parmahan tetap tinggal di dinalang Balige, mempunyai dua orang anak yaitu Sanggaraja dan Ompu Runggu. Ompu Runggu yang membunuh istrinya kemudian melarikadiri ke porsea, keturunannya kemudian memakai marga Naiborhu. Sedangkan Keturunan Sangga Raja tetap memakai marga Silalahi, dan banyak yang merantau ke Samosir dan Simalungun.

Sinabutar : menikahi Boru Manurung dari Janji Matogu, dengan anaknya tiga orang yaitu : Sinurat, Dolok Saribu dan Nadapdap.  Sinurat mempunyai anak empat yaitu

  1. Raja Tano
  2. Raja Pagi
  3. Ompung Gombok Nabolon yang pergi ke pulau amosir.
  4. Si Raja Muha

Anak  Sigombok Nabolon dipulau Samosir adalah 4 orang yaitu : Sibahul, Batu Amak, Bajar dan Silonsing.

Sinabang :  mempunyai satu orang anak bernama Ompu Raja Mual. Anak Ompu Raja Mual tiga orang yaitu Datu Pangarisan, Datu Naboratan dan Raja Tumali.

Dato Naboratan terkenal sebagai orang sakti (Datu Bolon) dan mempunyai 7 ( tujuh ) orang istri , yaitu :1) Boru Nainggolan di Sitatar Nainggolan , anaknya : Tora Panaluan.2) Boru Manurung di Sibisa , anaknya Datu Balemun.3) Boru Panjaitan di Sitoran lahir anaknya Datu Ari.4) Boru Sianturi di Muara, anaknya : Toga Muara5) Boru Simamaora di Humbang, anaknya : Toga Sampinur6) Boru Hasinubun di Silindung, anaknya : Toga Pahae, Toga Silindung dan Toga Pansur Napitu.7) Boru Pasaribu di Barus, anaknya : Toga Barus.Menurut cerita di Tukka Barus, Datu Naboratan meninggal dunia dan dimakamkan di Tukka Barus.Sumber : J. Sihaloho, Sejarah Raja Silahi Sabungan , Tumaras.

Download Tumaras Bab VII

About these ads

30 Tanggapan

  1. o.. na songonondo hape,,,
    mauliate godang di hamu..

  2. mauliate nunga boi nijaha tentang silsilah silahisabungan

  3. nadenggan do sude nabinahen munaon appara.
    molo boi lam ta tingkathon ma diakka panuraton nasongonon, asa lam tumajuna hita halak batak on tarlumobima diakka surat. sahat ma tabe da.
    Horas……….

  4. [...] SINURAT Posted on November 4, 2009 by dunkom Sinurat adalah salah satu marga dari suku batak, Sinurat berasal dari keturunan ke 3 dari Silahisabungan Lihat Tarombo Silahisabungan. Sinurat adalah keturunan dari Si Raja Parmahan yang di Culik dan tinggal di Balige. Banyak marga Sinurat memakai marga Silalahi karena sesuai dengan perjanjian antara Raja Parmahan dengan Tambunan yang membuat ikrar keturunan marga Raja parmahan harus menggunakan marga Silalahi Lihat kisah Raja Bunga-bunga atau Raja Parmahan. [...]

  5. Sya Baru TAHU….

  6. mengenai tarombo Raja Bunga-Bunga (gelar Raja Parmahan)beserta keturnuannya.., dari apa yang dituliskan secara keseluruhan masih mengacu pada turi-turian yang belum lengkap dan sempurna..,
    setelah dibentuk panitia pembangunan tugu dan makam raja parmahan.., ditelusuri pula kelengkapan tarombo dari seluruh keturunannya..,
    dan saat diresmikan tahun 2008.., tarombo yang benar (secara data dan fakta) adalah sebagai berikut :

    Silsilah Raja Bunga-Bunga dari Tarombo Induk Silahisabungan adalah sebagai berikut :
    Raja Silahisabungan memiliki 8 anak : 1. Sihaloho; 2. Situngkir; 3. Sondiraja; 4. Sidabutar; 5. Sidabariba; 6. Sidebang; 7. Pintubatu; 8. Tambunraja

    Selanjutnya dari anak ke-3 (sondiraja) memiliki 2 anak : 1. Rumasondi; 2. Rumasingap

    Kemudian dari anak pertama (Rumasondi) memiliki 2 anak : 1. Bolonraja; 2. Raja Bunga-Bunga

    Raja Bunga-Bunga (gelar Raja Parmahan) menikahi boru Pasaribu dari Haunatas Balige (pariban kandung atau adik kandung istri Sapalatua Tampuk Na Bolon).., dan selanjutnya memiliki 4 anak :
    I. Sihaloho (br. Pasaribu) memiliki anak 3 : 1. Raja Harbangan (bermukim di Barus); 2. Guru Mangaloksa (bermukim di Silindung kemudian pindah ke Bona Pasogit, Bagashuta Silalahi Dolok lokasi Tugu dan Makam); 3. Patar Uluan (bermukim di Sihubak-Hubak – Uluan – Porsea)
    II. Sinagiro memiliki anak 2 : 1. Sanggaraja; 2. Ompurunggu (keduanya bermukim di Silalahi Dolok) dan keturunan Ompurunggu bernama Ompu Pangindingan kemudian berpindah ke Habinsaran dan melahirkan marga Naiborhu
    III. Sinabang memiliki anak 3 (salah satunya sesuai dengan yang dituliskan bernama Datu Naborratan)
    IV. Sinabutar memiliki anak 3 : Sinurat/Doloksaribu/Nadapdap…

    demikian sekilas (belum menyeluruh) dari tarombo Raja Parmahan..!

    • Terimakasih atas koreksinya, inilah gunanya media ini untuk meminta pendapat dari dongan tubu yang lebih mengetahui agar dapat menyempurnakan tarombo kita

    • Mauliate di hamu pomparan ni raja parmahan na adong di situs on, khususna tu dongan tubu Sinurat, molo hupaihut ihut do sian tulisan muna taringot tu tarombota adong na hurang pas tentang penulisan keturunan sian omputta Sinabutar, ima Sinurat/Doloksaribu/Nadapdap, kadanga adong muse mambahen Sinurat/Nadapdap/Doloksaribu. padahal sampai saat ini permasalahan ise siangkangan antara Doloksaribu dohot Sinurat dang clear dope, jadi unang tabaen situs on gabe pembenaran manang bentuk pensosialisasian tu angka pomparan ni Silahisabungan khususna pomparan ni Raja parmahan bahwa Sinurat siangkangan sian Doloksaribu..Peacee u/Pomparan Silahisabungan. Horas

      • Horas, apara niba, aupe dang na menetapon isema siangkangan, jadi ahama hubaen urutanna, molo hubaen Dolok Saribu Siangkangan murukma sian margaku Sinurat, molo hubaen Sinurat Siakangan sian hamuna marga Doloksaribu na dang terima, molo dang hubaen marga Sinurat dohot dolok saribu, disukun muse boasa dang dohot marga Sinurat dohot marga Dolok saribu pomparan Silahisabungan, khususna pomparan raja Parmahan, songonima kesulitanna apara, mauliate

  7. salam sejahtera.. Horas ma dihita pomparan RAJA SILAHISABUNGAN. molo au pribadi mandok,tentang ise siangkangan hamu appara.sinurat dohot doloksaribu manang doloksaribu dohot sinurat.dang boi hupatorang,alana ramba naposo dope au.pangidoanku tu hamu sotung adong parsalisihan. jala taingot ma poda ni omputai ima. SAGU-SAGU MARLANGAN. horas ma di pomparanta silahi sabungan. muliate…

  8. ada cerita versi lain kayaknya..

  9. He he he. Terlalu pintar do amang na mambaen tulisan on. Hmmmmm

  10. gok do versi2 bah..unang pola pajago2hon lakkam manuratton tarombo-on..au sinurat sian si Raja Tambun, aha maksudmu manurat i ???

    • Dnang na pajago2hon au apara, memang huatusi do adong Sinurat Silalahi ima sian Sondi Raja, adong Sinurat sian Tambun, Web on na hubaen tu Sinurat Silalahi, molo hamuna mambaen versimuna, baenma, godang do di internet mambaen Versi Sinurat Tambun dang khea hupersoalhoni. Jadi sahalinai apara, dang gabe pajago-jagohon au, ai on do na huboto sejarah nami Sinurat Sian Raja Bunga-bunga horas

  11. Santabi di hamu akka raja nami..Dang si pangorai jala dang si pangoloi manang si pangatoi.,dos ni roha do si bahen na saut di raja i..Marsada ni roha ma hamu,,.Songon on do maksudhu,,ia dung hu jaha akka komentar muna.Umdenggan ma di bahen Musyawarah Besar punguan pomparan Silalahi .Asa unang gabe rais di pudiani ari.Songoni ma sian au raja nami.Songon hatani na tua tua.Sahat sahat ni solu sai sahat tu bortean.Sai marsada ni roha ma hamu asa saut tu panggabean..

  12. Aek si tio tio do pamalum na mahuas…Sai tio ma roha muna jala marsi anju anjuan asa saut tu parsaulian.,,

  13. raja bunga bunga /raja parmahan,molo tarngot sinurat unang ma ta persoalhon sada do hita sian oppungta .molo naing marsigulut gabe siangkangan olo do sursar sinurat ta on,jadi molo adong songon tulisan di atas unang pala hita muruk ,denggan do jolo sungkunon siandia di boto ,unag las ta vonis pajago jagohon.@s,silalahi balige,@bakko sinurat. Aha do natikkos molo dang tikkos nadi ginjangi?bahenonmu do antong keteranganmu unag holan mamprotes ,molo godang pandapot tamba do parbinotoan ,jadi molo dibahen pe keterangan nadi ginjang i asa adong do bahasonta bohado sebenarna, dang namanetaphon ise siangkangan ise sianggian,molo manetappon i ingkon marpesta bolon do,songonima jo saotik himbauan sian au sandiri ,mauliate

  14. jd binggung bukan nya: 1.Sihaloho
    2.Sinagiro
    3.Sinabang
    4.Sinabutar,s/d ke 8 anak opung silaalhi sabungan ini lahir dr opung boru batanghari……ini bukannya jd keturunan berikutya???????

    • Keturunan Silahisabungan ada delapan yaitu
      1. Sihaloho
      2. Sinagiro
      3. Sondi Raja
      4. Sidabutar
      5. Sidabariba
      6. Sidebang
      7. Pintu Batu
      8. Tambun

      Dan Raja Parmahan adalah keturunan dari anak ke 3 dari Silahisabungan yaitu Sondi Raja, dimana Sondi Raja memiliki 2 orang anak yaitu
      1. Rumah Sondi
      2. Rumah Singgap
      Dan anak Rumah Sondi inilah Siraja Bunga-bunga alias Raja Parmahan

  15. pada cerita ini, saat Tuan Si Hubil melewati pangururan ada 2 dari 3 anak yg diculik melarikan diri.
    Pertanyaan: bagaimana kelanjutan cerita 2 anak yg melarikan diri ke arah samosir ini? apakah mereka cikal bakal Silalahi Tolping dan Silalahi si Bursok raja?

    • Kemungkinan besar yang 2 orang yang melarikan diri tersebut, pulang ke Silalahina bolak, atau memang merekalah Cikal bakal keturunan Silalahi Raja dan Si bursok, tapi kalau ditanyakan ke mereka mereka akan menyangkalnya

  16. menurut cerita yg kudengar dulu dari oppung, doloksaribu yg nomor satu, sinurat paduahon, nadapdap nomor tiga..

  17. hamu akka appara, bapauda dhot bapatua niba,
    unang hita sai mmbaen persoalan dihita,
    baen hamu ma nadumenggan.
    Unang lungun rohani oppungta raja i

  18. sebenarnya tidak perlu dipersoalkan ise siangkangan alana boape dibaen ndang olo mangakaui.menurut turiturianna istri pertama br.manru hal (blm punya anak) lalu kawin dgn adiknya atau maenna dan lahirlah anak duluan dari adiknya baru pe lahir sunurat dari istri I untuk damainya dibumi ya panggil appara lahkarena sampe sekarang tdk dpt pasada tahi pomparan na tolu i.taringot tu silalahi raja na sian samosir kalo kita tinjau dari segi wilayah bahwa p.samosir secara geografis adalah tanah)wilayah marga lontung dan nai ambaton selainnya adalah marga pendatang kedua bahwa marga pendatng tsb. sebagai raja partali atau boru yg dirajakan dibeeri tanah karena disana tdk ada pembagian tanah keturunan silahisabungan ketiaga di silalalhi nabolak nabolak jelas ada pembagian tanah keturunan silahisabungan,mauliate.

  19. unang pola hita persoal hon i ….
    alana dang tu na denggan nai…molo boi saran sian au….
    Umdenggan ma di bahen Musyawarah Besar punguan pomparan Silalahi .Asa unang gabe rais di pudiani ari.Songoni ma sian au raja nami

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: