Kamus Batak Toba

Horas!

Batak adalah salah suku yang menempati Indonesia bagian Barat. Orang Batak terkenal dengan stereotip pemakan manusia, kasar, dan galak. Tapi itu hanya stereotip, meskipun ada benarnya. Namun demikian, para orang tua Batak lebih dikenal dengan semangat juangnya terhadap keturunannya. Orang Batak malu jika tidak bisa menyekolahkan anak-anaknya. Makanya ada semboyan, anakkon hi do hamoraon di au (anakku adalah kekayaanku). Suku Batak juga ramah, hanya saja cara ngomongnya kasar dan sangat bertolak belakang dengan orang Sunda yang lemah gemulai.

Saat ini Batak sudah dikenal di dunia, ditandai dengan adanya beberapa expedisi orang Barat yang mencoba untuk meneliti asal mula suku Batak(pernah baca pas blogwalking). Dikenal juga dengan berbagai kunjungan orang barat sendiri ke Danau Toba, yang merupakan daerah asal suku Batak.

Kini telah tersedia kamus bahasa Indonesia-Batak (masih pada tahap pengembangan) dan sebaliknya Batak-Indonesia. Tentunya bagi yang ingin belajar bahasa Batak, lebih membutuhkan kamus versi Indonesia-Batak. Namun tidak menutup kemungkinan juga kita membutuhkan kamus Batak-Indonesia. Terutama bagi kita yang tinggal di wilayah Toba dan sering mendengar orang sekitar menggunakan bahasa Batak namun kita belum mengerti.

Selamat belajar bahasa Batak!

Untuk mendownload kamus batak toba

Silahkan Download Sekarang

6 Tanggapan

  1. Thanks utk kamusnya.

    Saya perlu sekali belajar bahasa batak lebih dalam, karena saya sendiri lahir di Jakarta, dan hanya bisa secara pasif.

    Yang menambah semangat saya adalah anak saya (kelas 2 SD!) yang justru lahir dan dibesarkan dalam budaya Jawa, seringkali merengek-rengek minta dicarikan kamus bahasa Batak.

    Semoga kamus tsb di atas (sudah saya download, tapi belum saya buka) bisa banyak membantu.

  2. Apa boleh saya belajar bahasa batak…sedangkan saya orang paser

  3. horas, lae, mauliate buat tulisannya, mari kita terus kembangkan budaya batak.

  4. Luar Biasa Uda…..tambah pangantusion niba sian blog on…Mantap

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

