SINURAT

adat_batakSinurat adalah salah satu marga dari suku batak, Sinurat berasal dari keturunan ke 3 dari Silahisabungan Lihat Tarombo Silahisabungan. Sinurat adalah keturunan dari Si Raja Parmahan yang di Culik dan tinggal di Balige. Banyak marga Sinurat memakai marga Silalahi karena sesuai dengan perjanjian antara Raja Parmahan dengan Tambunan yang membuat ikrar keturunan marga Raja parmahan harus menggunakan marga Silalahi Lihat kisah Raja Bunga-bunga atau Raja Parmahan.

Tetapi dengan berkembangnya keturunan dari Sinurat, sekarang ini Sinurat tidak lagi menggunakan marga Silalahi tapi tetap menggunakan marganya sendiri yaitu Sinurat.

Keturunan Sinurat dari Sinabutar ada empat orang yaitu  :

1. Si Raja Tano
2. Si Raja Pagi
3. Opung Gumbok Nabolon
4. Raja Muha

Sinurat berasal dari Balige, dan dari Balige ini Sinurat merantau ke beberapa daerah. Antara lain : Si Raja Tano, merantau ke daerah Asahan, Siantar dan Tebeing. Si Raja Pagi merantau ke daerah Balige, Dairi dan Pak-pak, Opung Gumbok Nabolon merantau ke Samosir Pangururan, buhit. Dari keempat anak anak sinurat kemudian lahir lagi keturunan-keturunan Sinurat yaitu :

1. Si Raja Tano

Untuk Si Raja Tano penulis belum mendapatkan informasi tentang keturunannya.

2. Si Raja Pagi

Siraja pagi merantau di sekitar balige, dairi dan pak-pak, keturunan Sinurat Siraja Pagi yaitu :

  1. Ompung Sundoang Tinggal di daerah Lumban Lobu
  2. Raja Ujung tinggal di daerah Lagu Boti
  3. Raja Pansadian tinggal di daerah Janji Matogu Porsea
  4. Op. Raja Majid tinggal di daerah Simalungun
  5. Op. Tapak tinggal di daerah Huga Padang Simalungun.

3. Ompung Gumbok Nabolon

Pulang kembali ke Silalahi Nabolak yaitu ke Samosir Pangururan, dimana keturunan dari Ompung Gumbok Nabolon adalah :

  1. Si Batu Mamak
  2. Si Raja Bahul
  3. Si Raja Bajar
  4. Si Loncing.

4. Raja Muha

Sinurat Raja Muha sampai sekarang tidak ada kabarnya, oleh sebab itu dikatakan Manorus (Hilang), Kemungkinan besar mereka merantau ke Mandailing dan tidak lagi menggunakan marga Sinurat atau Silalahi atau mereka merantau ke Tanah Karo dan tidak menggunakan marga Sinurat atau Silalahi.

Keturunan Silahisabungan termasuk Sinurat dalam kehidupan sehari-hari tidak menggunakan penomoran dalam silsilah marga seperti marga2 lain yaitu Humbang, hutajulu dll. Tapi kedudukan dan posisi generasi tidak hilang, kedudukan siakangan (Siabangan) dan sianggian (Adik) akan terlihat pada saat mengadakan Ulaon Adat (Pesta Adat) dimana posisi urutan akan terlihat dari posisi duduknya yaitu dari yang paling tua sampai yang paling Muda. Dan juga akan terlihat dalam hal penerimaan Jambar.

Sekarang ini Marga Sinurat telah menyebar kemana-mana di seluruh pelosok Indonesia, bahkan sampai keluar Negri. Sehigga banyak yang tidak lagi mengetahui silsilahnya atau asal-usulnya,

Diharapkan Orangtua (Natua-tua) Sinurat tetap menceritakan dan memberitahu kepada generasi penerus, agar kita marga Sinurat tidak hilang seperti keturunan Sinurat Raja Muha.

Sampai di sini saya tuliskan tentang Sinurat, Tujuan saya menulis ini karena saya sadar masih banyak kekurang tahuan saya tentang marga saya sendiri yaitu Sinurat, dan saya mengharapkan bantuan dan penerangan bagi na tua-tua yang mengerti tentang marga Sinurat agar saya tuliskan tentang Sinurat yang benar dan akan saya bagikan ke seluruh generasi muda dalam forum ini, agar generasi muda mengerti dan mengetahui tentang asal-usul marganya sendiri.

Horas
Dunov Saur Raja Sinurat

About these ads

21 Tanggapan

  1. santabi dongan tubu, tolong jo tulis biodatam khusus no. hp, asa kotek-kontekan hita, mauliate.
    Ign. P. Sinurat, bontang kaltim 081347871381.

  2. Horas dikatua i,
    Salam kenal hami sinurat op gumbok bermukim di Jakarta sonari,
    Maulite sudah ada silsilah yang dapat kami lihat jadi tau asal-usulnya

    Horas
    Sahat Sinurat – Hp 0815116320023
    email: smsinurat@yahoo.co.uk

  3. horas…bapak oppung,bapaktua,bapak uda,namboru,abang,ito,dan semwa appara q yg da di seluruh dunia..

    085261973692

  4. hi apa kabar,, marga & boru sinurat
    heheheh :)))))

  5. keturunan o.gumbok nabolon ada 2.pertama mangalap br.sinaga na tinggal di urat dan kedua mangalap br tanggang di pangurururan pomparan 1 ;tuan usul anakna 1 o.bumbunan,anakna o.habiaran anakna ada 7 ;op.togaraja,2.di rianiate ,o.sogorengon.,o.,gr,tumumpahan di lontung, dan di salaon o.lindi nabolon yg ke 7 o,patujohang

  6. mauliate nunga boi ni boto saotik tarombo ni Sinurat. bolo hami attar maol do luluan tarombo ni sinurat, ala hurang do akka natua2 i paboahon silsila on tu hami, sai anggiat ma boi muse botoon tu joloon. anggo nahuboto tarombo nami:
    Sinurat Raja Pagi ~ Raja Mangatur ~ Raja Butar (anakna: 1.tinggal di bonan dolok, 2. Aek Raja Lumban Huala (Ima Oppung nami) alai bolo sian ginjang dang dapot dope sude tarombo. bolo adong na boi mangajari di Contek ma hami di: 081383114595, tinggal nami di jakarta Utara. Muara Baru. bolo adong punguan asa di ajak hami akka na upposo mauliate.

  7. horas ma di hamu akka dongan tubu hu…..
    au sinurat raja pagi do,
    saonari tinggal di jakarta,
    082113123622.

    horas ma di hita salutha.

  8. horas ma sude bapa,appara.ito,sude punguan sinurat..didia do adong pertemuan sinurat di jakarta timur…au si janu,,,umur 22thn

  9. Horassssssss,

    asa lam sada hita Pomparan ni sinurat tarlobi sinurat Batu mamak,,,,,,,,,,sian buhit pangururan

  10. Molo tarombo versi ni Tambunan asing dope…..mengenai asal ni marga sinurat…..molo boi mari kita libatkan akka natua-tua di dalam forum on yang persis mengetahui tarombo on,,asa lebih akurat…dan meyakinkan…. mauliate dihamu sude …horas…..

  11. Horasss ma tu hamu akka appara dohot ito,mauliate ma tu hamu alani nunga di paboa hamu asal usulni marga sinurat ate,ai tung godang do nian versi asal usulta ate,molo intina,tu hita tu marga sinurat sai anggiat ma marsada ate,tung pe padao-dao!mauliate.

  12. horas ma di ht sude,au sinurat bahul do bapa,abang,itokku…tinggal di cikarang…horas ma di ht sude…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: