Batak Di Philipina

Batak Filipina pada risiko dari kerugian tanah perundang-undangan Pemerintah melarang metode pertanian tradisional mereka memiliki dampak yang menghancurkan. Survival kampanye yang membantu sebagian untuk mengangkat larangan ini, tetapi orang Batak masih menghadapi kekurangan pangan.

Batak hidup di hutan utara Palawan di Filipina barat. Mereka bergantung pada campuran bervariasi tanam, berburu, pengumpulan dan memancing.

Tidak berbeda dengan Batak Indonesia padat dan beragam etnis Sumatera utara, Batak Filipina adalah ‘orang Negrito’.

Mereka diyakini berasal dari gelombang pertama dari populasi manusia yang melintasi jembatan tanah yang menghubungkan pulau-pulau Filipina dengan Asia daratan, beberapa 50.000 tahun yang lalu.

Banyak ancaman

Saat ini, Batak Filipina terancam oleh skema konservasi seperti larangan pemerintah perladangan berpindah dan pernyataan ‘kawasan lindung’ di tanah leluhur mereka. Sekarang ada sekitar 300 Batak, turun dari sekitar 700 pada tahun 1900. kejang Tanah, penebangan dan terkena penyakit yang bahaya besar.kekurangan gizi yang parah telah membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit seperti malaria, campak dan TBC. Mereka juga menderita dari kematian bayi tinggi dan tingkat kelahiran rendah. Populasi Batak kecil berarti orang muda sering harus menikah di luar suku.

Bagaimana cara membantu Mereka?

Ketika pemerintah daerah melarang metode pertanian orang Batak pada tahun 1994, hasil panen padi menurun drastis dan suku itu di ambang kehancuran.

Mereka punya pilihan selain untuk mengumpulkan dan menjual hasil hutan lebih banyak, tetapi ini berarti suatu penurunan keseluruhan sumber daya vital.

Survival meluncurkan kampanye, yang menghasilkan mengangkat sebagian larangan. Pihak berwenang mengakui bahwa Batak telah ‘terpengaruh oleh kebijakan’. Survival adalah melobi untuk pengakuan atas hak mereka untuk hidup dan menggunakan lahan mereka sesuai dengan keinginan mereka sendiri.

Anda juga dapat bergabung dengan usaha. Tulis surat dan membantu menjaga tekanan pada pemerintah Filipina. Suara Anda mungkin penting bagi orang Batak untuk bertahan hidup.

2 Tanggapan

  1. Aku bantu doa

  2. jangan punah orang batak yang ada di dunia ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: